Minggu, 10 Desember 2017

Tahap Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan yang Wajib Anda Tahu

Takpars - Bulan kelima dalam usia bayi adalah masa peralihan bagi bayi di mana dia sudah mulai mencoba berbicara dan mengeksplorasi suara yang bisa dibuatnya. Perkembangan bayi usia 5 bulan ini tentunya tak boleh lepas dari pengawasan Anda. Anda harus selalu mendukung dan memantaunya. Nah, selain bicara, apa saja yang bisa dilakukan bayi usia 5 bulan?

1. Kemampuan Motorik Kasar

Bayi usia 5 bulan biasanya sudah mulai duduk tegak dalam waktu yang cukup lama. Kebanyakan dari mereka menyukai posisi ini di mana mereka bisa melihat beragam hal menarik di sekitarnya. Tapi, Anda masih harus menyangganya karena mereka belum terlalu kuat.

perkembangan bayi usia 5 bulan

Selain itu, ada bayi yang sudah bisa telentang tengkurap dan sebaliknya pada usia ini. Begitu merah sudah bisa melakukan hal ini, mereka akan mencoba menggerakkan kaki. Ini bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan mereka ke jenjang yang lebih berat, yakni merangkak dan berjalan. 

2. Kemampuan Motorik Halus

Pada usia 5 bulan, biasanya bayi sudah mampu menggenggam dengan erat. Mereka sudah bisa menarik beberapa benda ke dekatnya. Menggenggam dengan satu tangan dan memindahkannya ke tangan lain. Pada usia ini mereka bahkan sudah bisa memegang botol susu sendiri.

3. Tidur

Kebanyakan bayi yang telah berumur 5 bulan sudah bisa tidur sepanjang malam walaupun tidak semua bisa melakukannya. Pada usia ini, mereka juga akan tertidur dua kali pada siang hari yakni pagi dan sore. Usahakan untuk tidak menunda waktu tidurnya sampai mereka terlalu capek apalagi rewel. Sebaiknya, tidurkan saat mereka telah terlihat mengantuk.

4. Indera

Perkembangan bayi usia 5 bulan selanjutnya adalah penglihatan bayi terus mengalami perkembangan. Mereka sudah memiliki kemampuan menglihat 20/20. Mereka sudah bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak dan fokus kedua matanya lebih baik. Bayi usia 5 bulan bahkan sudah bisa membedakan berbagai warna seperti merah, biru dan kuning.

perkembangan bayi usia 5 bulan

5. Komunikasi

Bayi usia 5 bulan telah bisa mengeluarkan bunyi dari mulutnya. Ini dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan Anda para orang tuanya. Mereka telah bisa mengeluarkan celotehan seperti ‘bababa’ atau ‘mamama’ disertai dengan percikan busa. Jika sudah begini, ada baiknya Anda memberi respon meski tak mengerti apa yang mereka ucapkan.

Pada umur 5 bulan pula, biasanya bayi telah mengerti suara yang didengarnya. Walaupun belum bisa berkata-kata, biasanya mereka akan memberikan respon ketika namanya dipanggil. Mereka juga sudah mulai bisa memberitahukan apa yang mereka inginkan lewat suara. Apakah mereka merasa lapar, capek atau ingin bermain.

6. Pemberian MPASI

Memberi MPASI memang paling baik pada usia 6 bulan. Tapi, jika bayi Anda sudah memperlihatkan ketertarikan dengan makanan seperti memperhatikan Anda ketika makan atau memasukkan apa saja ke dalam mulut mereka pada usia 5 bulan, tak ada salahnya memberi mereka MPASI.

Makanan padat yang diberikan pada bayi 5 bulan haruslah yang mudah dicerna dan rasanya akrab di lidah mereka seperti sereal gandung, bubur beras yang dicampur dengan susu formula. Anda juga bisa memberikan jus labu, ubi atau buah lainnya pada mereka.

Namun, Anda juga harus memperhatikan apakah mereka cocok dengan makanan yang Anda berikan. Anda bisa memberinya satu jenis makanan terlebih dulu selama beberapa hari. Jika mereka tak menolak atau melepehkan makanan tersebut, Anda bisa melanjutkan pemberiannya.

Perkembangan bayi usia 5 bulan memang cukup signifikan dibanding usia 1-3 bulannya. Mereka sudah bisa melakukan banyak hal meski Anda belum mengerti. Usahakan untuk terus berada di samping mereka, ya untuk menjaganya. Jauhkan juga mereka dari barang-barang berbahaya seperti colokan listrik karena mereka sudah mulai ingin tahu.

0 komentar:

Posting Komentar