Selasa, 24 April 2018

Cara Tepat Memulai Start dengan Sepeda Drag Saat Balapan

Takaprs - Balapan menjadi salah satu hal yang disukai oleh banyak orang terutama oleh pria. Ada banyak jenis balapan dan salah satunya adalah dengan menggunakan drag bike. Dalam balapan yang disebut dengan drag race ini, Anda tidak hanya harus mempertimbangkan mengenai sepeda drag yang Anda gunakan, misalnya sudah melakukan modifikasi dengan mengganti beberapa komponen yang Anda beli di toko online, namun juga mempertimbangkan mengenai teknik berkendara terutama saat memulai start.


Menurut Eko Chodox yang merupakan salah satu pembalap drag race menyebutkan jika kunci kemenangan atau kesuksesan dalam drag bike 75%-nya ada di start. Karena hal tersebut, saat sedang start, Anda perlu untuk memfokuskan konsentrasi Anda. Gerakan motor Anda harus sama cepat dengan lampu hijau yang menandakan jika balapan dimulai. Jika perlu, Anda hanya butuh waktu 0,001 detik untuk bisa melajukan motor setelah lampu hijau menyala.

Bagi para pembalap yang menggunakan sepeda drag saat sedang balapan, star dimulai dengan lompatan atau jump. Start diawali dengan konsentrasi penuh mulai dari waiting zone kemudian Anda harus beradaptasi hingga lampu menyala hijau yang menandakan perlombaan berlangsung. Saat memulai start, Anda harus bisa memastikan kapan masuk kopling dan melepas kopling dan kapan harus melakukan gas. Menurut Eko, tenaga on throttle pada saat Anda mulai balapan harus pas dengan waktu saat Anda melepaskan kopling. Anda juga harus menyesuaikan dengan mesin dan juga ban yang dipergunakan serta medan atau area balapan dan situasi kondisi, misalnya hujan atau panas.

Karena hal tersebut, sebelum memulai balapan, para pembalap harus melakukan pemanasan terlebih dahulu agar mesin dan ban bisa panas. Jika ban pada drag bike yang Anda pergunakan tersebut mulai panas, maka bisa mencengkeram medan aspal dengan lebih bagus. Selain kompon ban yang akan lengket ke aspal, roda yang dipergunakan tidak akan mencakar medan atau berputar di tempat namun justru akan menyalurkan tenaga.

Setelah motor dan seluruh komponen siap, maka Anda harus memposisikan tubuh anda dengan posisi yang tepat apalagi drag bike memiliki stang yang rendah sehingga membuat Anda mau tidak mau tidak mau Anda harus membungkukkan badan Anda ke depan dengan sudut sekitar 45 derajat. Dengan cara ini, akan membantu Anda untuk mempermudah motor bergerak karena tidak membebani bagian belakang dari roda belakang dan agar bisa menekan bagian roda depan agar tidak terlalu terangkat. Jika bagian depan terangkat secara berlebih, tidak hanya akan membuat Anda kesusahan namun juga terjengkang.

Jika Anda sudah berhasil di bagian start sehingga tidak kalah dengan yang lainnya, maka nantinya Anda juga harus bisa menggunakan kopling dan rpm yang tepat. Bagian kopling dari kendaraan roda dua ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk bisa bergerak dengan baik namun juga mengatur irama grip motor ke aspal. Awalnya akan terasa susah namun jika dilatih terus menerus, Anda bisa menghafalnya atau menggunakan feeling untuk menentukan kapan waktu untuk memasukkan kopling dan kapan waktu untuk melepaskan kopling.

Tidak hanya harus memperhatikan kapan waktu menggunakan kopling, Anda juga harus mengontrol kecepatan Anda saat menggunakan sepeda drag apalagi yang memiliki CC yang cukup tinggi. Menurut Antonius Petruk yang juga merupakan pembalap drag bike, hindari melakukan kesalahan fundamental. Caranya yaitu dengan konsentrasi dan juga pelintir gas sesuai dengan torsi mesin sehingga motor tetap bisa dikendalikan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar