Kamis, 16 Agustus 2018

Royal Golden Eagle Sukses Menumbuhkan Kreativitas Membatik Wanita Riau

Takpars - Pepatah mengatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan ekonomi nasional adalah jika wanita turut membantu bekerja dan mendapatkan penghasilan. Untuk mewujudkan cita – cita ekonomi nasional tersebut, grup korporasi perusahaan Sukanto Tanoto, Royal Golden Eagle yang sekarang sudah membawahi berbagai perusahaan berbasis sumber daya alam turut campur tangan.  

RGE sejak tahun 2013 memberikan latihan kepada para wanita untuk berkembang dan lebih kreatif lagi. Salah satunya pelatihan yang diberikan oleh Royal Golden Eagle adalah pelatihan membatik. Pelatihan membatik ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan kreativitas membatik bagi wanita Riau. Tentunya dalam pembelajaran, proses tentang bagaimana cara membuat batik bono menjadi pembelajaran utama bagi wanita Riau.  


Pelatihan Membatik Bono Oleh Royal Golden Eagle Untuk Wanita Riau  

Konsep pelatihan batik di Riau mengedepankan pelatihan batik khas Riau yaitu batik Bono. Konsep ini diusung agar batik Riau ini tidak kalah saing dengan batik di Pulau Jawa dan tentunya batik Bono tetap dilestarikan. Jika program wisata Bono sudah berjalan tentunya oleh – oleh khas Bono akan banyak dicari disana potensi perkembangan batik Bono dapat berjalan secara maksimal. Peluang inilah yang menjadi salah satu yang dimanfaatkan oleh RGE demi meningkatkan pendapatan perkapita dan mendukung kreativitas wanita di Riau. 

Dikatakan salah satu pembicara dari RGE bahwa market batik sendiri tak perlu dikhawatirkan karena setiap hari jumat karyawan PT RAPP memang harus menggunakan seragam batik. Belum lagi ada banyak kerjasama pemerintahan yang bisa diambil untuk menjadi market batik itu sendiri di Riau.  

Sejak tahun 2013 silam, program batik yang merupakan bagian dari upaya pengembangan program Usaha Kecil dan Menengah yang sudah ada sebelumnya di Kabupaten Pelalawan, Riau dijalankan bersama – sama dibawah pengawasan RGE. Grup APRIL juga turut menjalin suatu kemitraan dengan masyarakat lokal dalam rangka membantu ekonomi masyarakat setempat agar dapat jauh lebih mandiri. Program pengembangan masyarakat dalam upaya membantu pengentasan masyarakat dari kemiskinan telah dilakukan oleh APRIL serta telah ditingkatkan juga kualitas hidup dengan memberikan suatu upaya pelatihan secara teknikal dan keuangan dari ahlinya.  

Siapa saja yang nantinya tertarik didalam program ini dapat turut serta bergabung dan mereka akan diberikan juga berbagai macam pelatihan membatik atau semakin mendalami kemampuan membatik di Rumah Batik Andalan yang sudah mendapatkan fasilitas penuh dari APRIL dibawah naungan Royal Golden Eagle tentunya. Setelah berbagai macam pelatihan didapatkan para anggota memiliki banyak opsi untuk tetap menjadi anggota dan bekerja di Rumah Batik Andalan secara permanen pun juga mereka bisa memutuskan jika ingin membuat usaha batik sendiri. Sampai detik ini APRIL sudah melatih kurang lebih sekitar 70 perempuan di program batik ini dan kurang lebih sekitar 15 diantaranya saat ini sudah menjadi pekerja penuh waktu dengan membuat batik di Rumah Batik Andalan dibawah naungan Royal Golden Eagle.  

Mereka yang memutuskan untuk bekerjasama dengan Rumah Batik Andalan akan mendapatkan pengasahan secara optimal dalam membuat karya batik selain itu gaji yang layak juga akan didapatkan. Besaran gaji yang diberikan kurang lebih mencapai 2,5 – 3 juta rupiah perbulannya yang berpotensi didapatkan. Tentu jumlah yang pantas dengan pengrajin selain pengrajin juga berpotensi berkembang dibawah Rumah Batik Andalan dengan kerjasama yang dilakukan. Pelatihan serupa tentu akan semakin ditingkatkan oleh RGE untuk memberikan kemandirian kepada wanita Riau.

0 komentar:

Posting Komentar