Selasa, 09 Oktober 2018

4 Tips Jitu Kenalkan Permainan Anak yang Mendidik

Takpars - Ketika si kecil sudah mulai aktif bergerak, dukung terus perkembangan motoriknya dengan permainan anak yang mendidik. Selain kemampuan geraknya yang aktif, si kecil juga akan semakin cerdas dan kreatif. Anda bisa mengenalkan berbagai permainan edukatif agar si kecil tertarik dan gemar memainkannya. Ikuti terus tips jitu ini! 


1. Mengenali Hobi Si Kecil 

Setiap anak pasti mempunyai hobi atau kegemaran. Anda bisa mengenali hobi si kecil untuk memberikan pendekatan intensif. Pengembangan hobi juga efektif untuk mengasah kemampuannya, sehingga bisa menjadi keahlian di masa depan. Setelah mengetahui hobinya, Anda bisa mengenalkan permainan edukatif yang cocok untuknya. 

Sebagai contoh, anak yang hobi tebak-tebakan bisa diberikan permainan puzzle atau susun kata. Permainan alat musik seperti piano mini atau bunyi-bunyian lain yang cocok untuk anak yang tertarik pada musik. Anda juga bisa membelikan mikrophone untuknya agar bernyanyi. Anda bisa membelikan boneka tangan untuk anak yang suka bercerita atau mendongeng. 

Bagi anak perempuan yang suka dengan permainan masak-masakan, Anda bisa membelikannya mainan serangkaian alat masak dari plastik. Belikan juga miniatur buah-buahan dan sayuran untuk membantunya belajar mengenal nama buah dan sayur dan mengenal waarnanya. 

Bahkan, Anda bisa mengajarkan nama serta warna buah dan sayur dalam bahasa Inggris. Cara ini bisa digunakan dalam memperkaya kosakata si kecil dalam bahasa internasional agar ia tertarik dan paham sejak dini. Masa depannya akan jauh lebih baik ketika banyak kemampuan bahasa yang dikuasai. 

2. Membujuk dengan Cerita Inspiratif 

Cara kedua untuk mengenalkan permainan edukatif adalah dengan membujuk melalui cerita inspiratif. Anak pasti tertarik dengan cerita atau dongeng. Hal ini bisa menjadi celah Anda untuk memberikan permainan yang mendidik. Berikan cerita yang menarik seputar kesuksesan atau pendidikan agar si kecil menjadi bersemangat menambah wawasannya. 

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan kisah seorang puteri raja atau putera mahkota yang terkenal dengan kepiawaiannya bermain musik ataupun kecerdasannya. Dengan demikian, anak akan tertarik untuk belajar ataupun menambah kemampuannya dalam bermain musik. Cerita-cerita semacam ini akan mendorong keingintahuannya tentang permainan edukatif. 

3. Memberikan Hadiah berupa Permainan Edukatif 

Ketertarikan si kecil terhadap permainan edukatif bisa ditingkatkan dengan memberikan mainan tersebut ke dalam bentuk hadiah. Saat anak Anda berulang tahun ataupun sudah mencapai pencapaian tertentu, berikan hadiah berupa permainan anak yang mendidik. Pemberian hadiah ini sangat efektif karena anak pasti menerimanya dan sangat menghargai. 

Secara otomatis, si kecil merasa sangat senang dan langsung menyukai hadiahnya. Setelah itu, Anda bisa mengajarkannya untuk memainkan. Mengajak bermain bersama juga bisa meningkatkan kenyamanan dan rasa senang si kecil, sehingga ia akan lebih senang pada permainan tersebut. 

4. Mengajak Bermain Bersama 

Jika ingin langsung memberikan permainan pada anak, Anda bisa memilih permainan mendidik yang paling sesuai dengan usianya. Setelah membelikannya mainan edukatif, Anda bisa mengajaknya bermain bersama. Kasih sayang orang tua berupa pendampingan ini sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan rasa enjoy-nya dalam bermain. 

Anda bisa mengajaknya bermain sekaligus mengajarkannya banyak hal. Jika Anda sedang sibuk, ajaklah teman anak Anda untuk menemaninya bermain di rumah agar tetap mendapatkan pengawasan. 

Pendampingan orang tua kepada anak merupakan cara efektif untuk meningkatkan tumbuh kembang si kecil. kasih sayang dari orang tua dalam setiap aktivitasnya sangat membantu mengoptimalkan kenyamanan dalam keseharian si kecil. Pengenalan berbagai permainan anak yang mendidik melalui berbagai trik dan pendampingan tersebut memang jitu.

0 komentar:

Posting Komentar