Jumat, 19 Oktober 2018

Cara Merawat Print Kain agar Tidak Mudah Rusak

Takpars - Cetakan hasil print kain memang memiliki hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan sablon. Hal ini menyebabkan banyak orang beralih ke layanan jasa cetak kain untuk membuat goody bag, kaos, dan aksesoris lainnya. Namun perawatan yang salah juga dapat menyebabkan kain print menjadi cepat rusak. Berikut cara merawat kain print yang benar.  


Jangan Direndam Terlalu Lama 

Meskipun Anda menggunakan layanan jasa print kain berkualitas jika cara merawatnya tidak benar juga dapat membuat kain menjadi mudah rusak. Cara pertama merawat kain print gar awet dan tahan lama adalah jangan merendam kain terlalu lama. Jangan merendam kain lebih dari 1 jam. 

Selian itu, Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan detergen terlalu banyak. Mengapa demikian? Sebab dengan menggunakan detergen terlalu banyak maka warna kain print cenderung dapat lebih cepat pudar. Biasanya aturan dan anjuran ini sudah diberitahukan oleh pihak jasa print kain.  

Memisahkan Cucian 

Tips merawat kain print agar tidak mudah rusak adalah dengan memisah cucian. Hal yang satu ini  tidak hanya berlaku untuk jenis kain biasa saja, namun juga berlaku untuk kainprint. Anda tidak diperkenankan mencampur kain print dengan cucian lainnya terutama untuk kain print yang memiliki warna kuat seperti hitam, biru, merah, dengan kain berwarna putih. 

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi warna apabila warna kain print luntur. Selian itu Anda juga harus memisahkankah pakaian kotor dan pakaian tidak kotor agar noda tidak mudah berpindah dari pakaian satu ke pakaian yang lainnya.  

Jangan Menyikat Kain Print 

Cara merawat kain print yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah jangan menyikat kain print. Kain print yang terbuat dari bahan kartun cenderung memiliki serat yang lebih tipis. Untuk itu Anda tidak diperbolehkan untuk menyikat kain print karena dapat menyebabkan kerusakan. Jangan mencuci dengan perasan yang terlalu kuat sehingga dapat merusak pori-pori.  

Jemur dengan Cara Dibalik 

Cara merawat kain print agar tidak mudah rusak adalah dengan menjemur dalam keadaan yang dibalik. Sinar matahari yang terlalu kuat ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna kain. Untuk itu, Anda perlu menjemurnya dengan keadaan dibalik. Dengan demikian maka bagian dalam kain yang terkena sinar matahari sehingga warna tak mudah pudar.  

Hindari Mencuci dengan Mesin Cuci 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menghindari mencuci kain print dengan menggunakan mesin cuci. Sebaiknya Anda mencucinya dengan cara manual. Mengapa demikian? Sebab mencucidenganmenggunakan mesin cuci dapat membuat pori-pori kain menjadi lebih kasar. 

Nah itulah beberapa cara merawat print kain agar awet dan tidak mudah rusak. Selain melakukan perawatan dengan benar, Anda juga harus memilih layanan jasa cetak kain berkualitas agar hasilnya lebih maksimal. Fullprint.id merupakan layanan jasa cetak kain berkualitas pengan penawaran harga menarik dan hasil yang memukau.

0 komentar:

Posting Komentar