Minggu, 20 Oktober 2019

5 Fungsi Cairan Rem Kendaraan Roda 4

Takpars - Fungsi cairan rem kendaraan roda 4 tidak bisa diremehkan begitu saja pengaruhnya bagi kendaraan. Fungsi dari pengoperasian mobil akan cacat apabila tidak memperhatikan yang satu ini. kandungan pada cairannya memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kerja rem. 

Cairan rem memiliki berbagai macam fungsi yang akan membuat performanya semakin lebih baik. rem tidak hanya sekedar alat untuk memberhentikan mobil. Namun, di dalamnya terdapat proses yang memerlukan cairan rem khusus diperuntukan pada mobil. 

Fungsi cairan rem kendaraan roda 4

Apa itu cairan rem roda 4 

Cairan rem merupakan pelumas untuk mengerakan bagian-bagian logam yang saling bergesekan. Aliran dari cairan ini menghasilkan tekanan yang mampu membuat sebuah tindakan dari komponennya untuk bekerja dengan baik. 

Cairan rem ini memiliki kandungan polyglycol, glycol ethol, dan zat additif. Namun ada juga cairan rem yang ditambahkan silicon. Fungsinya beragam. Untuk meredam panas dan tentunya memberikan kinerja yang baik untuk rem. 

Fungsi cairan rem kendaraan roda 4 

Cairan rem kendaraan roda 4 tidak bisa lepas dari beberapa fungsi berikut ini. simak kegunaannya untuk kendaraan anda: 

1. Melumasi Cakram Rem 

Cairan rem kendaraan roda 4 yang dimiliki anda berfungsi untuk melumasi cakram. Saat cakram bergesekan dengan komponen lainnya tidak menimbulkan kendala. Kelancaran cakram pada rem juga digunakan untuk menghentikan kendaraan seperti yang diinginkan.  

Ketepatan pemberhentian kendaraan yang dipengaruhi oleh cakram rem yang sudah dilumasi cairan khusus, dapat membantu anda dalam menghemat waktu. Hal itulah yang menyebabkan pentingnya cairan rem roda 4.  

2. Melumasi Kampas Rem 

Selain melumasi cakram rem, fungsi cairan rem ini juga untuk melumasi kampas kendaraan roda 4. fungsinya untuk mempermudah gesekan antara kampas dengan cakram rem. Cairan rem tersebut harus sesuai dengan kadar yang sudah ditentukan.  

Anda juga harus bisa menakar cairan rem pada roda 4. Cairan tidak boleh diberi secara berlebihan atau kurang. Anda harus tahu kadar yang tepat untuk cairan rem roda 4. Guna meningkatkan kinerja rem kendaraan.  

3. Membuat komponen yang mengalami gesekan Tidak Kering 

Komponen yang membuat rem mobil bisa dipakai dengan maksimal sangat bergantung pada cairan yang diberikan. Sifat cairan rem yang kental bisa membuat gesekan terjadi terus menerus antar bagian terjadi terus menerus.  

Gesekan yang terjadi seperti cakram dan kampas tidak akan kering jika diberi pelumas dengan benar. Cairan rem ini juga akan meningkatkan kemampuan rem dalam menerima sinyal pemberhentian dari pengemudi kendaraan.  

4. Cairan Rem Membuat Komponennya Tidak Panas 

Fungsi dari cairan rem ini adalah tidak membuat komponen yang bergesekan terus-menerus menjadi panas. Bahkan sebaliknya, pelumas ini bersifat dingin sehingga akan mempercepat setiap komponen dalam bekerja.  

Keadaan komponen yang panas bisa membuat rem mobil yang digunakan tidak berfungsi dengan maksimal. Pastikan anda mengganti cairan rem kendaraan roda 4 dengan benar, apalagi saat bepergian jauh. 

5. Penyalur Sistem Hidrolik 

Komponen pada sebuah rem mobil juga membutuhkan cairan rem yang bisa menggerakkan. Cairan rem yang berfungsi sebagai penyalur sistem hidrolik, bisa membuat tekanan yang menghasilkan gesekan pada cakram dan kampas komponen untuk bekerja. Caranya yang sederhana ini, didukung oleh cairannya seperti minyak, licin dan cepat menyebar.  

Fungsi cairan rem kendaraan roda 4 tidak hanya sekedar pelengkap saja. Namun, anda akan terjaga keamanan dan kenyamanannya jika memperhatikan dan mengganti cairan rem tepat waktu.

0 komentar:

Posting Komentar