Minggu, 15 Desember 2019

Berikut Ini Larangan Ibu Menyusui Yang Harus Diketahui

Takpars - Seperti yang diketahui bahwa ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi yang baru dilahirkan. Bagi seorang ibu, bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayinya merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak ternilai harganya. Namun, pemberaian ASI eksklusif ini merupakan hal yang mudah, terutama bagi para ibu pemula. Dalam hal ini, ada kondisi tertentu yang kadang harus ibu hadapi seperti produksi ASI yang berkurang atau ASI yang sulit keluar. Selain itu, ada juga hal-hal yang harus ibu hindari saat menyusui bayinya. Nah, untuk itulah dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang larangan ibu menyusui yang harus diketahui sebagai berikut :  

ibu menyusui

1. Menggunakan Kosmetik Yang Mengandung Hidroquinon dan Bahan Lainnya 

Pada prinsipnya tidak ada larangan penggunaan make up bagi ibu yang sedang menyusui. Hanya saja, supaya kesehatan bayi tetap terjaga dengan baik, maka sebaiknya untuk selalu memperhatikan kandungan apa yang ada pada produk kosmetik tersebut. Dalam hal ini, hindari kosmetik yang mengandung merkuri, paraben, dan hidroquinon. Selain itu, hindari juga kosmetik yang mengandung retinoid, asam salisilat, oksibenzon, steroid, dan phthaltes. Untuk itu, ibu bisa tanyakan kepada dokter mengenai kosmetik yang aman digunakan bagi ibu menyusui supaya tidak merasa khawatir saat menggunakannya.  

2. Mengonsumsi Banyak Kafein 

Bagi ibu yang suka minum kopi atau minuman yang berkafein lainnya seperti cokelat, anda tidak usah khawatir akan larangan mengonsumsi minuman yang berkafein tersebut. Ibu masih tetap bisa mengonsumsinya asal saja tidak berlebihan. Karena kalau mengonsumsi kafein terlalu banyak bisa berdampak buruk kepada siklus tidur bayi.   

3. Mengonsumsi Alkohol 

Hal lainnya yang harus dihindari bagi ibu hamil adalah mengonsumsi alkohol. Karena bisa saja alkohol yang ibu konsumsi akan masuk ke dalam ASI sehingga bisa merubah rasa dari ASI itu sendiri. Selain bisa merubah rasa ASI, Laura Riley, MD, direktur persalinan dan kelahiran di Massachusetts General Hospital mengungkapkan bahwa konsumsi minuman yang beralkohol bisa mengurangi produksi ASI. Yang parahnya lagi, alkohol ini merupakan neurotoxin yang bisa mempengaruhi otak bayi. 

4. Merokok 

Bagi ibu yang perokok, masa sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan merokok ini selama menyusui. Karena rokok ini bisa mempengaruhi kualitas ASI yang diproduksi dan bisa membuat hormon prolaktin mengalami penurunan sehingga berdampak buruk pada produksi ASI yang semakin berkurang. Jika ASI tetap lancar walaupun masih merokok, ibu jangan merasa senang dulu. Coba cek kondisi bayi apakah sering mengalami kolik atau tidak. Karena menurut pakar kesehatan menyebutkan bahwa bayi yang disusui oleh ibu perokok akan lebih mudah untuk mengalami kolik. Selain itu, bayi juga akan cenderung mudah gelisah dan rewel.  

5. Konsumsi Ikan Yang Mengandung Merkuri 

Dalam hal ini, sebaiknya ibu menghindari mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi. Adapun ikan yang mengandung merkuri tinggi tersebut diantaranya adalah swordfish, tuna, dan makarel. Namun, jika ibu tetap ingin mengonsumsinya, maka konsumsilah sedikit saja jangan terlalu banyak. Atau kalau perlu ibu bisa mengonsumsi ikan yang lebih sehat dan aman seperti ikan salmon. 

6. Makanan Pedas 

Pada saat menyusui maka sebaiknya ibu hindari makanan yang pedas. Sebab makanan pedas ini bisa meyebabkan bayi alami diare. 


7. Konsumsi Makanan Cepat Saji 

Pada saat menyusui ibu sebaiknya menghindari makanan cepat saji. Karena makanan cepat saji ini kandungan gizinya sangat rendah. 

Itulah beberapa larangan ibu menyusui yang harus dihindari. Dalam hal ini, ibu harus menjalani pola hidup yang sehat supaya asupan gizi yang dibutukan bayi tercukupi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar